Pengendali Mimpi - Lucid Dream

THE LUCID DREAM

"Everything you can imagine is real"

( Pablo Picasso )


Mimpi sadar


Lucid Dream adalah sebuah mimpi ketika seseorang sedang berada dalam keadaan sadar bahwa ia sedang bermimpi, atau juga adalah keadaan dimana kalian bisa mengatur mimpi bisa di sengaja atau tidak di sengaja. Istilah Lucid Dream sendiri atau mimpi sadar ini dicetuskan oleh psikiater dan penulis berkebangsaan belanda, Frederik ( Williem ) van Eeden ( 1860-1932 ). Ketika mimpi sadar ini terjadi, si pemimpi dapat berpartisipasi secara aktif dan mengubah pengalaman imajinasi dalam dunia mimpinya yang dapat dilihat dengan sangat nyata dan jelas.

Sebuah Lucid Dream atau mimpi sadar ini sendiri dikatakan dapat muncul melalui 2 cara diantaranya ;

  1. Dream-Initiated Lucid Dream, dan
  2. wake- Initiated Lucid Dream

Dream - Initiated Lucid Dream atau bisa di artikan sebuah mimpi sadar akibat mimpi berawal dari sebuah mimpi biasa, dan si pemimpi bisa langsung menyimpulkan bahwa ia sedang bermimpi. Sementara Wake - Initiated Lucid Dream atau yang bisa diartikan sebuah mimpi sadar akibat terjaga, terjadi ketika si pemimpi pindah dari keadaan terjaga biasa ke keadaan bermimpi tanpa mengalami ketidaksadaran.

Lucid Dream atau mimpi sadar ini bukan lah sekedar teori omong kosong, karena keberadaannya secara ilmiah sudah diakui.

Lucid Dream sendiri ternyata juga memiliki banyak manfaatnya, salah satunya seperti dapat meningkatkan kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah diri, dan tentu saja merasakan dunia mimpi. Dan LD juga terdapat beberapa tingkatan tersendiri yaitu ;
  1. Tingkat pemula - Di mana si pemimpi dapat berjalan menembus tembok, menggambar di langit dan terbang mengangkasa.
  2. Tingkat menengah - Si pemimpi dapat makan, berkencan, bahkan bertemu tokoh-tokoh favorit nya.
  3. Tingkat ahli - Dapat merasakan kehidupan setelah mati, mendapatkan inspirasi, bahkan dapat berhubungan seksual.
Menarik bukan?
Tetapi meskipun LD begitu menyenangkan, namun LD ini sendiri juga memiliki dampak negatif jika sipemimpi melakukannya secara berlebihan. Salah satunya di antaranya yaitu stres yang apabila si pemimpi mempunyai pengalaman yang menakutkan ketika Lucid Dream itu terjadi, dan juga kehilangan motivasi di dunia nyata karena merasa nyaman di dalam dunia mimpi.

Straight To The Point, sekarang kita sudah sampai di puncaknya.
Bagi yang penasaran, berikut cara melakukan Lucid Dream;
  1. Tidur dalam kondisi relax, lebih disarankan agar memakai pakaian yang longgar dan nyaman tentunya.
  2. Kontrol pernafasan dan konsentrasi sepenuhnya, usahakan memperlambat pernafasan namun dengan timing yang panjang.
  3. Jaga pikiran agar tetap sadar namun dalam keadaan santai, cobalah menghitung sesuatu agar dapat relax ( Seperti menghitung domba ) namun jangan sampai ketiduran.
  4. Sleep Paralysis, tiba di fase yang paling menakutkan ketika LD. Kalian akan merasakan sesak atau tidak bisa menggerakan badan namun santai saja karena hal itu tidak akan lama, yang terpenting adalah tetap relax ketika mengalami fase ini.
  5. Black Out, pada fase yang terakhir ini kalian akan merasa seperti sedang memasuki ruang hitam atau melihat cahaya berwarna ungu dalam waktu beberapa saat, dan kemudian akan masuk kedalam dunia mimpi itu.
Terus bagaimana kita bisa tau jika kita sedang berada di dalam dunia mimpi? Simple, karena setelah kita mengalami black out, kita akan merasa terbangun atau berada di suatu tempat. Pada saat-saat ini lah kita harus melakukan Reality Check dengan cara menutup hidup. Karena dalam LD sendiri, kalian tetap masih bisa bernafas walaupun sedang menutup hidung.

Untuk lebih detailnya Reality Check Lucid Dream
Previous
Next Post »