Asal-usul Kelam di Balik Hari Valentine

Yo yang mblo, yang ngliatin temen nya bawa bunga, cokelat, dan makan malam romantis ( Hahaha, jahat lo min -_-). Nah, tekait untuk masalah hari valentine sendiri, hari yang jatuh pada tanggal 14 Februari ini konon katanya dianggap sebagai hari kasih sayang. Hari ini begitu populer dikalangan masyarakat, dari remaja sampek yang tua, apalagi mereka yang sedang menikmati indah nya percintaan di masa muda pasti tau mengenai hari spesial ini. Situ ga mungkin ga tau kan, si mblo ini aja tau kok ( udah ah min -_- ).


BEHIND SPECIAL DAY


Say no to valentine



Tapi ni ya bro/sis, ironisnya, hari ketika kalian merayakan cinta itu, ternyata memiliki asal-asul yang kelam. Kisah Hari Valentine pun bermula dari era Romawi kuno, terkait dengan kepercayaan Paganisme.

Tiap tanggal 13-15 Februari, warga Romawi kuno merayakan Lupercalia. Lupercalia itu sendiri adalah sebuah upacara yang dimulai dengan pengorbanan dua ekor kambing jantan dan seekor anjing. Kemudian, pria setengah telanjang berlarian di jalanan, mencambuk para gadis muda dengan tali yang terbuat dari kulit kambing yang baru di korbankan tadi, serta di lumurin darahnya. Walaupun mungkin terlihat atau pun terdengar seperti semacam ritual sesat Sadomasokis, tapi itu tetap dilakukan oleh orang-orang Romawi sampai tahun 496 Masehi sebagai ritual pemurnian dan kesuburan.

Puncak Lupercalia ada pada 15 Februari, di kaki bukit Palatine, tepatnya di samping gua yang di yakini menjadi tempat serigala betina menyusui Romulus dan Remus pendiri kota Roma dalam mitologi Romawi.

Pada tahun 496, Paus Gelasius I, mulai melarang Lupercalia dan menyatakan 14 Februari sebagai Hari Santo Valentine. Misteri 3 sosok Valentine setidaknya ada 3 pria yang memiliki nama Valentine di tahun 200-an Masehi. Dan semua nya tewas secara mengenaskan.

Salah satu nya adalah seorang imam di kekaisaran Romawi yang membantu orang-orang Kristiani yang dianiaya pada masa pemerintahan Claudius II. Saat di penjara, konon katanya ia mengembalikan penglihatan seorang gadis buta yang jatuh cinta padanya. Valentine yang pertama ini di penggal pada tanggal 14 Februari.

Valentine yang ke-2 adalah Uskup yang saleh dari terni, yang juga di siksa dan dieksekusi selama pemerintahan Caludius II, dan juga tewas di tanggal 14 Februari hanya saja di tahun yang berbeda dari Valentine yang pertama.

Sementara yang ke-3 adalah Valentine dari Genoa yang diam-diam menikahkan pasangan, sementara pada saat itu ada aturan larangan pernikahan dari Claudius II. Saat dipenjara, legenda menyebut bahwa ia jatuh cinta dengan putri orang yang memenjarakannya. Dan sebelum dieksekusi sadis, ia membuat surat cinta untuk sang kekasihnya, yang di tutup dengan kata, " Dari Valentine-mu".
Previous
Next Post »