Bumi itu Datar?

Ketika kalian mencari di kotak penelusuran google tentang bumi datar atau bulat, sedikit banyak nya kalian pasti akan mendapati beberapa artikel yang mengatakan bahwa bumi itu datar, tapi pada nyatanya tidak. Loh kenapa tidak? kalau gitu mari kita sedot beberapa fakta mengenai bahwa bumi itu sejatinya bulat.


TALKING ABOUT THE EARTH

Bumi bulat 23223


1. Kapal Laut di Garis Horison

Jika kalian pernah kepelabuhan atau pantai dengan melihat ke arah garis horison, pasti kalian pernah melihat sebuah fenomena menarik. Seperti yang akan kalian lihat, kapal laut yang akan datang ke pelabuhan pasti tidak akan langsung muncul dari garis horison tersebut, melainkan justru kapal tersebut akan terlihat seperti mucul dari dasar laut.

Dari fenomena ini sudah memberikan kita gambaran yang jelas bahwa bumi memang berbentuk bulat. Jika bumi itu datar, kapal tadi yang kita lihat dari kejauhan mendekat ke pelabuhan pasti akan datang dari ukuran kecil ke ke dekat, bukan muncul dengan cara tiba-tiba dari garis horison layaknya muncul dari dasar laut.

2. Bayangan

Nah untuk bayangan sendiri bisa kita uji dengan cara menancapkan sebuah batang atau tongkat di tanah, dari situ sudah tentu pasti tongkat itu akan menghasilkan bayangan. Bayangan sendiri ini bro/sis, nyatanya selalu bergerak tiap-tiap waktu yang berlalu. Jika pada dasarnya bumi memang benar-benar datar, tentu saja pasti dua batang atau tongkat di tempat yang berbeda akan menghasilkan bayangan dengan ukuran yang sama.

3. Zona Waktu - Siang dan Malam

Seperti yang kita ketahui, setiap negara memiliki zona waktu yang sangat berbeda. Ketika di indonesia sendiri sedang berada pada jam 10 pagi, maka di inggris keadaan nya masih ada pada jam 2 pagi. Ketika di New York jam 12 siang, di China sendiri sudah ada di jam 12 tengah malam. Dari sini sudah cukup membuktikan bahwa bumi memanglah berbentuk bulat.

Di karenakan, Bumi yang berbentuk bulat dan berotasi di porosnya, hanya dapat membuat penyinaran matahari bertahan di sisi tertentu. JIka tidak terkena paparan sinar, sisi tersebut sudah di pastikan akan mengalami malam, dan begitu juga sebaliknya.

Penjelasan tersebut sudah cukup meyakinkan di karenakan pada malam hari kita tak akan bisa melihat matahari. Seharusnya jika Bumi memang benar datar adanya, matahari pasti akan terlihat kapan pun, dan malam sendiri tidak akan pernah ada.

4. Gerhana Bulan dan Tarikan Gravitasi

Salah satu hal yang paling menarik dari gravitasi adalah dengan adanya keterkaitan dengan massa. Kekuatan gravitasi antara sebuah objek, memiliki ketergantungan dari masa dan jaraknya. Jadi jika gravitasi menarik benda yang ada di bumi dengan kekuatan yang sama di setiap jengkal bumi, sudah pasti sangat sulit di pungkiri kalau bumi tidaklah berbentuk bulat dan ada inti gravitasi di dalamnnya.

5. Penampakan Bumi dari Luar Angkasa

Tentu bentuk bulat dari bumi dapat kita lihat dari berbagai foto resmi yang datang dari berbagai misi luar angkasa.
Previous
Next Post »