Neraka Jahanam - Prespektif Islami

The Helliest Hell


"Barangsiapa menentang rasul sesudah nyata petunjuk baginya dan mengikuti bukan jalan  orang-orang mukmin,niscaya kami angkat dia menjadi pemimpin apa yang di pimpinya dan kami masukan kedalam neraka jahannam. Itulah seburuk-buruknya tempat kembali".

(4:115)


Neraka Janam
Jahannam adalah neraka paling bawah tempat penyiksaan yang memiliki 7 pintu dan setiap pintu (tingkat), telah ditetapkan untuk golongan tertentu dari para makhluk-nya. Gerbang jahanam dipimpin oleh malaikat malik dan memiliki malaikat penyiksa yang berjumlah sebanyak 19 malaikat yang disebut Zabaniyah.

Allah berfirman dalam Al-Qur'an tentang atheis : "Fahasbahu Jahannam," yang berarti : "Ketika Janam cukup untuk mereka. inilah tempat yang pantas untuk mereka, sebuah tempat yang berair, menakutkan, dengan siksaan yang suram yang akan menghancurkan ego mereka."Dikisahkan dalam sebuah hadist bahwa sesunggunya neraka jahannam itu adalah hitam gelap dan pekat, tidak ada cahaya dan tidak pula neraka itu menyala atau terang.

Rasulullah S.A.W bersabda : " Api kamu ini hanyalah 1 bagian dari 70 bagian api di neraka jahannam." Para sahabat mengatakan : " Yang ini pun sudah cukup berat panasnya." Nabi berkata lagi : "Bahkan api neraka itu melebihi sebanyak 69x lipat panasnya api dunia. " Api neraka Jannam telah dinyalakan 1000 tahun hingga menjadi merah. Kemudia dibakar lagi selama 1000 tahun hingga menjadi putih. Kemudian dibakar 1000 tahun lagi hingga menjadi legam, seperti malam yang gelap gulita. " Jahannam memiliki 7 buah pintu dan pada setiap pintu itu terdapat 70.000 gunung, setiap gunung itu terdapat 70.000 lereng api, dan setiap lereng itu terdapat 70.000 belahan tanah yang terdiri dari api, setiap belahannya pula terdapat 70.000 lembah dari api.

Disetiap lembah itu terdapat 70.000 gudang dari api, setiap gudang itu pula terdapat 70.000 kamar dari api, setiap kamar itu pula terdapat 70.000 ular dan kala, dan setiap kala itu mempunyai 70.000 ekor, dan setiap ekor itu pula memiliki 70.000 ruas. Pada setiap ruas kala tersebut mempunyai 70.000 qullah bisa.

Dalam hadist di sebutkan yang berbunyi:
" Jangan mengoyak perasaan orang lain dengan mulutmu, karena kelak engkau akan dikoyak-koyak oleh anjing-anjing neraka jahannam." Sebagai mana firman Allah yang bermakna, " Neraka itu ada anjing-anjing yang dikiaskan mengoyak badan manusia.

Wallau A'lam 

Previous
Next Post »