Legenda Laut : Leviathan


SEA DRAGON LEVIATHAN


Leviathan

Leviathan adalah salah satu monster laut yang paling melegenda dalam sejarah dunia selain Kraken. Makhluk ini merupakan salah satu dari makhluk yang disebut dalam talmud Yahudi dan perjanjian lama Alkitab. Dalam Alkitab sendiri, sesosok Leviathan di lambangkan sebagai sesuatu yang jahat dan mengerikan. Kata Leviathan sendiri pada saat ini menjadi sinonim dari kata makhluk atau monster laut, yang berwujud seekor monster ganas yang mengarungi samudera.

Leviathan digambarkan seperti ular naga laut ( Sea Serpent ) yang terbesar dan yang terkuat. Makhluk ini memiliki kulit yang keras, sehingga tidak mempan dengan senjata apapun. Disamping itu, Leviathan ini dikatakan memiliki mata yang bercahaya, yang digunakanya untuk melihat lautan yang gelap.

Menurut legenda Yahudi kuno, Leviathan dapat memakan 1 ekor paus dalam sehari dan bisa memakan selusin kapal hanya dengansekali telan. Menurut  legenda tersebut, sebelum Leviathan menyerang kapal, Leviathan akan mengintai nya terlebih dahulu dengan tenang dari bawah kapal, Setelah dia rasa cukup tenang, barulah kemudian ia melompat dan menyerang kapal tersebut. Matanya yang bersinar akan membuat seolah-olah terdapat cahaya di dalam lautan. Hal ini pun kemudian menjadi pertanda tersendiri bagi para pelaut untuk bersiap-siap akan adanya serangan dari makhluk ini.

Peneliti sendiri pun sudah menemukan sebuah fosil dari paus yang sangat besar, seperti yang di tuliskan di " Journal Nature ". Para peneliti menamakan fosil berumur 12 juta tahun ini sebagai Leviathan. Fosil ini mempunyai panjang lebih dari 17 meter. Di lihat dari keadaan fosil nya yang tidak lengkap, para peneliti menyimpulkan bahwa makhluk ini mati dalam pertempuran melawan predator lainnya. Dari fosilnya, Leviathan memiliki bentuk yang sama dengan paus sperma, bedanya tentu saja Leviathan jauh lebih besar.

Dr. Lambert seorang peneliti asal peru, yakin kalau Leviathan yang legendaris adalah asli. Tapi sampai sekarang mereka belum tahu apa yang membuat paus kuno ini punah. Teori yang muncul pun sangat beragam, mulai dari berubahnya habitat, sampai langkanya makanan dari si Leviathan ini.

" Baca Juga : Legenda Laut Kraken "
Previous
Next Post »