Kisah Ashabul Kahfi : The Seven Sleeper



THE STORY OF ASHABUL KAHFI : THE SEVEN SLEEPERS


"( Ingatlah ) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa : " Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ( ini ) ."

( QS Al-Kahfi:10 )

Ashabul Kahfi

Kisah ini begitu sangat terkenal bagi penganut agama Islam. Ashabul Kahfi dalam Islam sendiri yaitu kisah yang menceritakan 7 pemuda yang mendapatkan petunjuk dan beriman kepada Allah tertidur lelap dalam gua selama 3 abad lebih atau lebih kurang 309 tahun lamanya. Dan hal itu terjadi di karenakan mereka melarikan diri dari kekejaman raja Dikyanus.

kejadian ini sangat hampir mirip dengan:

  1. Mitsutaka Uchikoshi yange berusia 35 tahun, Mitsutaka sendiri hilang  selama 24 hari di tengah gunung bersalju pada 7 Oktober 2006. Ia ditemukan dalam keadaan patah tulang, denyut nadi tak terdeteksi, tetapi anehnya ia masuk dalam keadaan hibernasi dan bisa pulih 100%
  2. Erika Nordby, balita yang 1 ini ditemukan hampir membeku karena terjebak di luar rumah pada suhu hampir 0 Celcius. Namun sama hal nya seperti Mitsutaka, balita ini juga dapat dipulihkan.
Next dan balik ke topik, mari kita bandingkan satu persatu dengan kisah Ashabul Kahfi ( The Seven Sleepers ):

  1. Makanan : Ilmuwan- Cairan kombinasi es dan garam yang disuntikan dalam tubuh agar suhu darah menurun dan metabolisme tubuh pun ikut turun. Bisa bertahan dari hitungan hari, minggu bahkan bulan dengan catatan tubuh harus diberi makan dalam bentuk tetes yang di alirkan ke pembuluh darah. Hanya saja konsekuensi dari Hibernasi ini sendiri adalah : Rambut dan kuku akan tetap tumbuh, dan umur pun tetap bertambah. Sementara Ashabul Kahfi, tidak ada asupan makanan apalagi minum karena para pemuda itu tidur non-stop selama 3 abad. Dan yang paling luar biasa, umur mereka pun tak bertambah sedikitpun.
  2. Kotoran/Tinja : Ilmuwan- Sampai saat ini para peneliti masih kesulitan mengatasi urusan yang satu ini. Diantara binatang yang mengadopsi sistem hibernasi pun hanya beruang saja yang tidak punya masalah buang air besar.
  3. Cahaya : Dalam tafsir Al-Qurthubi menyatakan, "bila matahari terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri", di sini bermaksud adalah bagian kiri matahari mengenai mereka karena sengatannya. Dalam medispun, matahari berfungsi sebagai asupan energi bagi tubuh. Hal ini menegaskan Allah SWT menempatkan mereka pada gua dengan bentuk yang unik sehingga bisa bertahan ratusan tahun.
Bisa dilihat betapa maha besarnya Allah SWT yang telah membuat mekanisme hibernasi ini menjadi begitu sempurna sehingga usia mereka pun tak sedikitpun bertambah.

Wallahu A'lam
Previous
Next Post »