Nabi Khidir - Nabi Yang Masih Hidup Hingga Saat ini

Prophet Khidir As

Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami.[Q.S ; Al-Kahfi ayat : 65].

Khidir

Tentang Nabi Khidir As ini, hampir tak ada satu pun mushaf atau kitab yang menceritakan dengan detail tentang kehidupan nya. Meskipun demikian, kita masih bisa mendapatkan serpihan-serpihan tentang nabi yang nama nya tidak wajib diketahui ini. Beberapa diantara adalah kisahnya dengan Nabi Musa As atau yang katanya beliau ini abadi sampai hari kiamat.

Manusia benar-benar hampir buta untuk detail persoalan Nabi Khidir As ini. Belum pernah ada satu kutab pun yang membahas secara lengkap soal sang Nabi ini. Siapa ayah dan ibunya, berapa jumlah putra-putrinya, lalu dimana beliau tinggal, hal tersebut masih belum diketahui hingga sekarang.

Namun, untuk soal asal usul sang nabi ini, pernah ada sebuah web yang menuliskannya cukupn detail. Dari web tersebut dikatakan jika Nabi Khidir adalah sepupunya Raja Dzul Qarnain ( Nabi Zulqarnain As) sang pencipta tembok Yakjuj Makjuj. Kedudukan Nabi Khidir sendiri ketika itu adalah sebagai penasehat raja. Sayangnya, hal ini masih belum diketahui kebenarannya.

Dikatakan jika Nabi Khidir As Menguasai ilmu laduni(Hikmah) d mana ilmu ini tak akan bisa di lakukan oleh manusia selain beliau. Salah satu yang paling terkenal adalah kemampuan beliau yang sanggup membaca masa depan.

Soal Nabi As Khidir yang berumur panjang atau yang ditangguhkan ajal nya ini, ternyata pernah di ungkapkan oleh Ibnu Abbas. Beliau mengatakan jika Nabi Khidir As adalah seorang yang sangat taat kepada Allah dan ditangguhkan ajalnya. dari ungkapan ini kita bisa simpulkan jika kemungkina besar Nabi Khidir As masih hidup sampai sekarang. Ibnu Abbas sendiri bukan orang yang sembarangan, beliau adalah paman nya dari Nabi Muhammad S.a.w

Nabi Khidir juga memiliki satu keistimewaan lainnya. hal tersebut tak lain adalah mukjizat beliau yang sanggup menghijaukan alam. Jadi, kemana pun kaki beliau melangkah maka tanah di sekitarnya yang kering akan tumbuh rerumputan hijau.

Mukjizat ini sendiri juga tak tertulis di buku mana pun, tapi kalau merujuk dari nama beliau sendiri mungkin saja Nabi Khidir As memang punya kemampuan tersebut. Nama Nabi Khidir As berasal dari kata Al-Khidr yang secara harfiah memiliki arti seseorang yang hijau.

Wallau A'lam

Previous
Next Post »