Ini Dia Alasan Kenapa Kebanyakan Manusia Menggunakan Tangan Kanan

Pernah kepikiran engga " Kenapa ya kebanyakan manusia lebih banyak menggunakan tangan kanan nya dalam setiap aktifitas seperti menulis atau makan? ". Sementara bagi mereka yang menggunakan tangan kiri untuk setiap kegiatan kenapa di anggap fenomena yang menjanggal?


WHY SHOULD THE RIGHT HAND?



Tangan kanan


Sebenarnya, jawaban untuk mengenai hal itu memiliki kemungkinan besar terdapat pada bawaan gen nya kita. Secara genetik, terdapat suatu gen yang diduga mempengaruhi penggunaan tangan kanan manusia.

Nah sementera gen itu sendiri memiliki 2 jenis, yang ke-1 adalah gen D dan yang ke-2 adalah gen C. Kedua gen ini lah yang mengambil bagian dalam pembentukan prefrensi manusia terhadap tangan kiri atau kanan nya. Gen D sendiri merupakan gen yang paling umum atau paling banyak terdapat di manusia, bisa jadi kemungkinan karena gen tersebut terdapat di garis keturunan.

Sementara gen C, keberadaannya sendiri tidak sebanyak gen D. Gen C menentukan prefrensi penggunaan tangan secara acak, dengan kata lain, adanya keberadaan gen ini dapat menjadikan seseorang lebih cendurung menggunakan tangan kiri nya dalam setiap aktifitas ( Kidal ). Dari hasil penelitian yang dilakukan para pakarnya terkait hal ini, keberadaan gen ini menunjukan 50% kemungkinan menjadi kidal, dan 50% kebalikannya.

Dilansir dari BBC, hewan-hewan seperti ikan, burung, dan juga kodok misalnya. Hewan-hewan tersebut diketahui hanya menggunakan mata nya yang sebelah kanan untuk berburu dan melacak mangsanya, yang tak lain hal tersebut terjadi karena adanya pengendalian oleh otak bagian kiri si hewan tersebut.

Berbicara mengenai keunggulan, bisa dibilang tidak ada sesuatu yang spesial terkait penggunaan tangan kanan. Bisa dikatakan juga kalau penggunaan tangan kanan yang dikendalikan oleh otak kiri terjadi dengan begitu saja tanpa ada maksud ataupun tujuan tertentu.

Sementara untuk penggunaan tangan kiri malah justru memiliki keunggulan tersendiri. Hal ini dikonfirmasi melalui sebuah jurnal Psychologi Bulletin. Berdasarkan jurnal tersebut, orang-orang kidal memiliki kemampuan menyembuhkan diri terhadap kerusakan otak jauh lebih cepat. Mereka juga memiliki kemampuan berkelahi yang lebih hebat karena banyak yang tidak tau bahwa tangan kiri si kidal itu menyimpan kekuatan yang lebih besar dibandingkan tangan kanannya.

" Baca juga : Beberapa keunggulan mereka yang kidal "

Previous
Next Post »